Unas, Kampus Bintang 4 Versi Pemeringkatan Quacquarelli Symonds Star

Universitas Nasional kembali menorehkan prestasi dalam skala internasional. Berdasarkan hasil dari Final Audit Quacquarelli Symonds (QS) Star, Universitas Nasional mendapatkan pemeringkatan Bintang 4 untuk keseluruhan atau overall dari masing-masing kategori yang dinilai.

Quacquarelli Symonds (QS) Star adalah lembaga internasional yang melakukan pemeringkatan universitas di seluruh Indonesia dan dunia. Berdasarkan final audit Quacquarelli Symonds (QS) yang ditandatangani Head of QS Intelligence Unit, Star Ben Sowter pada tahun 2021, Unas berhak untuk mendapatkan Sertifikat Bintang 4. Selain itu, untuk program Program Strenght Bachelor Management, Unas memperoleh pemeringkatan Bintang 3.

Pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Star sendiri merupakan pemeringkatan untuk institusi pendidikan tinggi, dengan melakukan evaluasi berbagai indikator kinerja di beberapa kategori. Sistem pemeringkatan dari QS World berbeda dengan pemeringkatan universitas, meskipun keduanya dapat diterapkan secara bersama.

Pada QS Stars, pemeringkatan dilakukan untuk memungkinkan institusi mampu mengetahui kekuatan mereka. Karena itulah, QS Star sepenuhnya didasarkan pada kinerja institusi dan bukan bagaimana mereka dibandingkan dengan rekan-rekan mereka. Dengan QS Stars, institusi diberikan peringkat Bintang antara 0 dan 5+ Bintang secara keseluruhan, serta peringkat Bintang antara 0 dan 5 di setidaknya delapan kategori. Hasil dari pemeringkatan ini berlaku selama tiga tahun.

Perolehan peringkat Bintang 4 yang berhasil diraih Unas saat ini, merupakan perjalanan dan perjuangan yang sudah dirintis sejak lama. Pada tahun 2011/2012, pertama kali Universitas Nasional masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan rating dari Quacquarelli Symonds (QS) Star tahun 2011/2012.

Melalui acara QS Stars Award Ceremony and The 7th APPLE Conference and Exhibition yang dilaksanakan di Universitas Santo Tomas Manila Pilipina, dalam penilaian QS Star, Unas memperoleh peringkat bintang dengan kriteria masing-masing, yaitu bidang engagement mendapat bintang lima, infrastruktur dengan bintang empat, employability dengan bintang tiga, teaching and internationalization masing-masing bintang satu. Secara keseluruhan (overall), nilai yang dikumpulkan adalah 222 dan mendapatkan predikat satu bintang (One Star).

Predikat tersebut menjadi pemicu dan motivasi bagi Unas untuk terus meningkatkan kualitas. Menurut Dr. Eddy Guritno yang pada tahun 2011/2012 menjabat sebagai Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unas, diperolehnya bintang dari QS Star tidak terlepas dari keikutsertaan Unas dalam Program Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi melalui Internasionalisasi Perujukan dan Peneraan di Rangking Dunia melalui Program Quacquarelli Symonds (QS) Star 2010, Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.

Dr. Edi Guritno, SE., M.Si.

Pada saat itu, yang diikutsertakan dalam penilaian QS Star Rating adalah Perguruan Tinggi yang telah memiliki sertifikat SPMI. Tahun 2009/2010 ada 68 perguruan tinggi dan tahun 2009/2010 terdapat 58 perguruan tinggi. “Dari jumlah tersebut, tidak semua lolos mendapat rating dari QS Star selama tiga tahun penilaian,” papar Dr. Eddy Guritno, SE., M.Si., saat itu.

Pada tahun 2020/2021, Unas kembali mendapatkan penghargaan dan memperoleh pemeringkatan Bintang 4 atas penilaian secara keseluruhan. Dalam audit QS Word yang dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020 hingga tanggal 01 Maret 2021, kategori penilaian meliputi Teaching, Employability, Academic Development, Internationalization, Online Learning, Social Responsibility, Inclusiveness dan Management Studies.

Pada kategori Teaching, menurut penilaian QS Word, Unas dinilai telah memiliki peran kunci dalam melakukan pembelajaran pada mahasiswanya dan pengembangan pribadi mereka. Pengajaran yang diterapkan di Unas dinilai telah memiliki kemampuan untuk menginspirasi pada mahasiswanya untuk menjadi pemimpin masa depan. Dalam kategori ini, QS Word juga mempertimbangkan rasio fakultas-mahasiswa, mahasiswa kepuasan, dan tingkat studi lebih lanjut, sehingga pada kategori ini Unas memperoleh peringkat Bintang 4.

Selain itu, dalam kategori Academic Development, Unas juga dinilai memiliki komitmen untuk melakukan pengembangan akademik bagi mahasiswa dan fakultas, termasuk di luar pengajaran. Ini termasuk bidang-bidang seperti asisten untuk mahasiswa, ketersediaan fakultas di luar kelas, dan jumlah program pembangunan fakultas yang berpartisipasi. (*)