Unas Biker’s Community: How Ride The World and Safety Riding

Ada dua hal penting yang selalu jadi pembicaraan para biker’s. Pertama, keinginan untuk menjelajah. Puncaknya, tentu menjelajah dunia. Kedua, bagaimana melakukan penjelajahan yang aman; safety riding.

Inilah yang digelar oleh Universitas Nasional Biker’s Community (UNBC). Sabtu (26/09/2020), UNBC menggelar Safety Riding Discussion. Tema yang dihadirkan sangat menarik:”Sharing Experience of Ride The World And Safety Riding“.

Dua biker’s kelas dunia hadir sebagai pembicara utama. Pertama adalah solorider, Gunadi. Biker’s ini terkenal dengan perjalanan seorang diri atau solorider, atau dia menyebut diri sebagai free-riders.

Jelajah yang pernah dilakukan adalah melakukan solorider atau perjalanan bermotor seorang diri mencapai jalan tertinggi di dunia, yang ada di puncak Himalaya.

Dalam kegiatan yang digelar Sabtu sore itu, Gunadi berbagi pengalaman tentang perjalanan solorider ke jalan tertinggi dunia, yang ada Khardung La, Himalaya.

Selain Gunadi, pembicara kedua adalah Joel Deksa Mastana dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Selain itu, hadir pula Ian Zulfikar, Ketua Umum UNBC.

“Saya bersyukur dapat berbagi pengalaman dan sharing pengetahuan terkait “Tips & Trick Turing Jarak Jauh, Ride the World, dan Safety Riding Turing Berkelompok” di hadapan UNBC – Universitas Nasional Bikers Community,” kata Gunadi.

UNBC sendiri telah berdiri selama 14 tahun, dan UNBC termasuk komunitas motor di dalam kampus yang aktif dalam kegiatan Jelajah Indonesia.

Bahkan, di tengah pandemi ini, UNBC juga tetap melakukan kegiatan. Salah satunya membagikan bantuan makanan gratis kepada pekerja kelas menengah bawah yang terdampak Covid-19 seperti driver online hingga pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Ketua Umum UNBC, yang juga Kepala Biro Administrasi Umum Universitas Nasional Drs. Ian Zulfikar, M.Si. mengatakan pemberian bantuan makanan gratis merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama yang terkena imbas dari covid-19 pada bulan Maret lalu.

Pembagian makanan dilakukan di dua titik yaitu di kampus Unas Pejaten dan Menara Unas sekolah pascasarjana. Pembagian makanan dipimpin langsung oleh Ketua Umum UNBC Drs. Ian Zulfikar, M.Si. dan pembagian bantuan dilakukan secara tertib dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk tetap menjaga jarak sosial (Physical Distancing).(*)