Tingkatkan Industri Event, FEB Unas dan IVENDO Jalin Kerjasama

Program Studi Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO). Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya untuk Pengembangan dan Pendampingan Sumber Daya Manusia.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dilaksanakan pada Jumat (25/06/2021) di Unas, yang dilaksanakan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas, Kumba Digdowiseso, S.E., M.App.Ec, Ph.D., dengan Ketua Umum DPP IVENDO, Mulkan Kamaludin.

Dalam keterangannya, Kumba Digdowiseso menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan wujud nyata dari pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Nasional. Sebagai Universitas Perjuangan, Unas juga selalu mengusung semangat Pelopor Perubahan dalam menjalankan tugas-tugas akademisnya.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Universitas Nasional. Ini merupakan suatu kehormatan bagi IVENDO yang menjadikan kerjasama ini sebagai wujud nyata pengabdian masyarakat,” kata Mulkan Kamaludin.

Dalam kerjasama ini, juga melibatkan IVENDO Event Academy & LSP Cakra Wisata Indonesia. Karenanya, ruang lingkup kerjasama akan meliputi perkembangan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya dengan azas saling melengkapi dan saling menguntungkan untuk meningkatkan kualitas masing-masing institusi.

Selain itu, kerjasama juga dilakukan dalam bidang pendidikan dan penelitian ilmu kepariwisataan, terutama industri penyelenggara kegiatan (event). Kerjasama juga meliputi penyelenggaraan seminar, kegiatan (event) di sektor kepariwisataan, dan sertifikasi kompetensi baik soft skills maupun hard skills.

Juga akan dilakukan kerjasama untuk pengembangan desa wisata. Selein itu, juga akan dilakukan penyediaan wadah belajar, magang dan pembukaan lapangan kerja industri penyelenggaraan kegiatan (event).

Penandatanganan MoU ini juga disaksikan secara langsung oleh jajaran pimpinan kedua institusi. “Mari kita siapkan generasi penerus untuk membangun Event Tourism Industry yang berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia,” demikian ditegaskan oleh Ketua Umum IVENDO. (*)