Sivitas Akademika Unas Lakukan Penyamaan Persepsi Siap Hadapi Akreditasi Unggul

Universitas Nasional (Unas) terus meningkatkan tata kelola dan data perguruan tinggi sebagai upaya menyiapkan akreditasi unggul di masa mendatang. Penguatan ini, salah satunya dilakukan melalui kegiatan penyamaan persepsi akademik dengan melibatkan seluruh sivitas akademika Unas.

Kegiatan penyamaan persepsi akademik ini mengangkat tema “Peningkatan Tata Kelola dan Integrasi Data Menuju Akreditasi Unggul”, dilaksanakan di Gedung Auditorium Unas, Rabu (26/01/2021). Hadir dalam kegiatan tersebut para pimpinan universitas, fakultas, program studi, kepala badan dan biro di lingkungan Unas.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengemukakan penyamaan persepsi akademik penting dilaksanakan agar semua komponen sivitas akademika di lingkungan UNAS memiliki kesamaan persepsi untuk mengutamakan pencapaian universitas menuju akreditasi unggul.

“Acara hari ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan kita semua untuk bisa menyamakan persepsi di bidang akademik dan bidang yang lain dalam menuju sinkronisasi data antara Unas dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) dalam rangka memperbaiki tata kelola dan dalam menuju universitas yang unggul,” ujarnya.

Ia juga menginginkan bahwa bukan hanya perguruan tinggi yang unggul tetapi juga dalam segala bidang termasuk akreditasi prodi di lingkungan Unas. “Oleh karena itu, persamaan persepsi ini adalah awal yang baik bagi kita sebagai perguruan tinggi,” ucap Suryono yang juga sebagai Ketua Panitia.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. menyampaikan bahwa sebagai perguruan tinggi Unas harus sudah mulai untuk mengintegrasikan data supaya mencapai unggul. El Amry juga menargetkan bahwa pada tahun 2025 Unas mencapai 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

“Untuk itu hal hal yang berkaitan dengan data perlu kita perbaiki, untuk itu kita sudah mendatangkan pihak LLDIKTI untuk membimbing kita agar data yang di Unas sinkron dengan data yang ada di pangkalan data,” katanya.

Di akhir sambutannya, El Amry juga mengingatkan kepada seluruh sivitas akademika Unas untuk sama-sama bekerja keras membangun Unas guna mencapai tujuan yang diinginkan

Pada kegiatan ini diisi oleh materi-materi. Ada empat sesi pemberian materi oleh para narasumber. Sesi pertama diisi paparan tentang tata kelola pangkalan data Dikti oleh Kepala Pusat Data, Sistem Informasi dan Kerjasama LLDIKTI Wilayah 3 Jakarta Noviyanto, S.T., MMSI. Pada sesi kedua, pemberian materi tentang strategi peningkatan tata kelola administrasi akademik oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Unas Dra. Sri Handayani, M.Si., dan strategi perencanaan dan implementasi kurikulum MBKM oleh Kepada Badan Pengembangan Kurikulum Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom.

Sesi berikutnya penjelasan tentang strategi peningkatan tata kelola sumber daya manusia oleh Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia, Ir. Tri Waluyo, M.Agr., dan strategi peningkatan tata kelola administrasi kemahasiswaan dan alumni Oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Dan sesi terakhir pemaparan materi tentang strategi peningkatan tata kelola sistem informasi oleh Kepala Bidang Internal & Eksternal Service Sutikman, S.T., M.Kom., strategi peningkatan tata kelola penjaminan mutu Unas oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. dan strategi peningkatan akreditasi program studi dan institusi, oleh Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT Dr. Retno Widowati, M.Si. (*DMS)