Korea Corner, Tempat Belajar Paling Populer di Unas

Ini adalah salah satu yang tempat belajar paling populer di Unas. Namanya Korean Corner.  Populer, karena bahasa Korea saat ini menjadi program studi yang mulai jadi tren di Indonesia. Setidaknya, ada lima perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan ini. Universitas Nasional adalah universitas swasta pertama yang membuka untuk jenjang pendidikan Strata Satu.

Jurusan Bahasa Korea untuk jenjang S1 berada di bawah Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional. Prodi Bahasa Korea di Unas, terbilang baru jika dibandingkan dengan prodi lainnya seperti Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Jepang, serta Bahasa dan Sastra Inggris yang sudah ada di Unas.

Jurusan Bahasa Korea di Unas ini, menjadi satu-satunya jurusan yang dibuka oleh kampus swasta di Indonesia untuk jenjang strata satu atau S1 hingga saat ini.

Jurusan Bahasa Korea di Unas berdiri berdasarkan SK MENRISTEK DIKTI, NO.40.439/KPT/I/2016. Fakultas Sastra Universitas Nasional, adalah satu-satunya Universitas yang telah membuka prodi ini.

Sejak berdirinya, jurusan ini paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru dibanding beberapa jurusan lainnya. Berbeda dengan prodi vokasi. Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa Korea, Universitas Nasional banyak meramu silabus kurikulum sendiri dengan menggabungkan ketrampilan vokasi, baik pada keterampilan berbahasa maupun keterampilan lainnya.

Setidaknya, pengenalan terhadap kebudayaan korea. Baik dari sisi sejarah, religi, adat-istiadat, maupun kebudayaan masyarakat korea modern.

Selain itu, para mahasiswa juga dibekali pengetahuan wawasan tentang pendidikan dan pengajaran bahasa korea. Tentu saja hal ini menjadi sangat bermanfaat jika peserta didik yang telah lulus tersebut memilih untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan dan pengajaran. (*)