Kembangkan Model Rehabilitasi Narkoba, Dokter Andi Julia Rifiana Raih Gelar Dokter

Promosi Doktor dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes
Promosi Doktor dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes
Promosi Doktor dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes

Model rehabilitasi EVIE adalah model yang dikembangkan meningkatkan perilaku keluarga melalui pengetahuan, sikap, persepsi dan pola asuh tentang rehabilitasi dalam bentuk pendampingan. Tujuannya, untuk merehabilitasi penyalahguna narkoba, khususnya kalangan remaja agar sembuh atau tidak kambuh kembali.

Dokter Andi Julia Rifiana, M.Kes menjadikan model EVIE sebagai kajian dalam disertanya. Melalui Sidang Promosi Doktor yang dilaksanakan oleh Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr.Andi Julia Rifiana, M.Kes berhasil meraih dan menyandang gelar Doktor dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Dr. dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes adalah dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional. Promosi Doktor dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Andalas dilaksanakan secara virtual pada hari Kamis, 19 November 2020.

Dr. dr.Andi Julia Rifiana, M.Kes, kelahiran Jakarta, 31 Juli 1968 mengajukan disertasi berjudul “Pengembangan Model Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Berbasis Keluarga di Kalangan Remaja Dengan Metode EVIE di wilayah DKI Jakarta.

Ketua Sidang adalah Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK.

Disertasi ini merupakan pengembangan model untuk merehabilitasi penyalahguna narkoba, khususnya kalangan remaja agar sembuh atau tidak kambuh kembali menyalahgunakan narkoba. Modelnya dengan memperkuat basis peran keluarga

Dalam disertasi tersebut, diuraikan pengidentifikasian pengaruh Model Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba EVIE berbasis keluarga. Model rehabilitasi EVIE ini berupaya meningkatkan perilaku keluarga melalui pengetahuan, sikap, persepsi dan pola asuh tentang rehabilitasi dalam bentuk pendampingan dengan menggunakan modul yang sudah disusun oleh peneliti dan telah dikonsultasikan kepada beberapa pakar.

Hasil dan kesimpulan disertasi adalah terjadinya peningkatan pengetahuan, sikap, persepsi dan pola asuh. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Model Rehabilitasi EVIE berpengaruh terhadap perubahan perilaku keluarga dalam rehabilitasi penyalahguna narkoba di kalangan remaja.

Adapun penguji dalam sidang promosi doktor ini adalah: Prof. Dr. Drs. Afrizal, MA., Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FISPH, FISCM., Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, Sp.KJ., Dr. Adang Bachtiar, MPH, Sc.D., Dr. dr. Trihono, M.Sc., dr. Hardisman, MHID, Dr.PH,. Dr. Firdawati, M.Kes, PhD., Dr. Genius, S.Sos, M.Si., Dr. dr. Arina Widya Murni, Sp.PD-K.Psi, FINASIM., Dr. Yuslim, S.H, M.H., Dr. dr. Fauziah Elytha, M.Sc., Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH, FISPH, FISCM., Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi, Psikolog., Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K)., Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, Sp.GK., Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH.(*)