Himapublik Mengajar, Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Administrasi Publik Unas di LPKA Kelas II Jakarta

Himapublik Unas

Sebanyak 27 mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik (HIMAPUBLIK) Universitas Nasional melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dengan penerapan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah, kegiatan dilaksanakan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta.

Ketua Pelaksana kegiatan, Kaeren Maharani Puja mengatakan bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan dengan konsep peningkatan mutu pendidikan.

“Dalam kegiatan ini, ada beberapa rangkaian acara yang kami rancang untuk adik-adik kita di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Ini dimulai dari antusias kami terhadap pentingnya pendidikan bagi anak-anak bangsa, terutama anak dalam LPKA Kelas II Jakarta yang mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (mahasiswa dan dosen). Karenanya kami merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam memberikan kegiatan pembelajaran,” ujarnya saat berdialog dengan Benny Totot Bc.IP., S.Sos., M.Si selaku kepala LPKA Kelas II Jakarta.

Kegiatan Himapublik Mengajar 2020 kali ini mengangkat tema “Tingkatkan Kecerdasan Melalui Kreativitas Yang Menyenangkan”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2020 di LPKA Kelas II Jakarta.

Kegiatan Himapublik Mengajar merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Nasional yang berlandaskan Pembukaan UUD 1945 Alenia ke-4 dan merupakan bagian dari upaya mengimplementasikan Sila ke-2 dari Pancasila.

Terkait dengan penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan kegiatan diawali dengan melakukan pengecekan kesehatan (Rapid Tes) yang dilakukan secara rutin oleh panitia dan juga relawan Himapublik Mengajar yang difasilitasi oleh dokter LPKA Kelas II Jakarta.

Adapun rangkaian kegiatan, dimulai dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Himapublik Mengajar 2020 Kaeren Maharani Puja. Kemudian, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Darma Rizky dan dilanjutkan dengan sambutan dari pihak LPKA Kelas II Jakarta yang diwakili oleh Lutfi Fauzan selaku koordinator bidang Hubungan Masyarakat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan diri yang dilakukan melalui permainan edukasi dan memberikan pembelajaran dengan topik sosial, ekonomi dan budaya secara berkelompok melalui kreatifitas.

Kaeren juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan, tujuan yang dikedepankan adalah peningkatan mutu pendidikan serta meningkatkan kecerdasan melalui kreatifitas yang dimiliki oleh setiap anak. “Kami selaku panitia, kegiatan mengutamakan mutu pendidikan untuk adik-adik disini dan ingin meningkatkan kecerdasan melalui kreatifitas yang dimiliki oleh setiap anak”.(TIN)