Evaluasi Proses Belajar, Prodi Keperawatan dan Profesi Ners Unas Lakukan Silaturahmi Dengan Orangtua Mahasiswa Tingkat Akhir

Fikes Unas sosialisasi dengan orangtua mahasiswa

Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional menggelar kegiatan silaturahmi dan sosialisasi Orangtua/Wali mahasiswa tingkat akhir.

Ini merupakan bagian dari evaluasi pembelajaran, terutama bagi mahasiswa yang telah mengambil skripsi dan telah lulus seluruh mata kuliah. Kegiatan dilaksanakan Sabtu (12/12/2020), pukul 13.00-15.00, melalui aplikasi zoom.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Dekan Fikes Unas, Dr. Retno Widowati., M.Si. Kemudian, dilanjutkan oleh pembicara, yaitu Kepala Prodi Sarjana Keperawatan, Ns. Dayan Hisni, S.Kep., MNS dan Ka Prodi Pendidikan Profesi Ners, Ns.Naziyah,S.Kep., M.Kep.

Dalam kegiatan yang berlangsung hangat tersebut, disampaikan beberapa hal terkait kegiatan pembelajaran. Untuk program S1 Keperawatan, disampaikan bahwa pelaksanaan PKK (Praktik Klinik Keperawatan) tidak dilaksanakan pada tahun 2020 karena terkadala Covid-19. Ini menjadi alasan lahan tidak mengijinkan adanya mahasiswa untuk praktik, baik di rumah sakit maupun puskesmas.

Namun demikian, pada tahap S1 Keperawatan, mahasiswa tetap difasilitasi untuk pelatihan BHD (Bantuan Hidup Dasar). Selanjutnya disampaikan bahwa sidang skripsi akan dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik, dan kemungkinan masih secara online pada bulan Februari 2021.

Sementara untuk Profesi Ners, selama pandemik kegiatan dilaksanakan secara online dengan proses bimbingan yang sama pada saat sebelum pandemik, yaitu 3 kali dalam seminggu.

Terkait pembiayaan profesi, disampaikan bahwa pembiayaan dapat diangsur 2 kali dalam 1 semester. Disampaikan juga bahwa UPP jika lanjut di Ners UNAS yang merupakan alumni, akan mendapatkan potongan 50%.

Selain itu, disampaikan juga akan dilaksanakannya pelatihan BTCLS dan CWCCA untuk membekali para lulusan Ners UNAS agar dapat membuka praktik mandiri khususnya di bidang wound care. Semua lulusan S1 Keperawatan diharapkan langsung melanjutkan ke tahap profesi karena berdasarkan UU keperawatan disebutkan bahwa perawat professional jika sudah lulus, harus mengikuti tahap profesi ners atau vokasi (D3).(*)