Dengan Prokes Ketat, Himajem Unas Lakukan Pengabdian Untuk Warga Desa

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manejem (Himajem) berusaha tetap memenuhi panggilan pengabdian mereka. Melalui Kegiatan Bina Desa, mahasiswa Himajem menjalankan Pengabdian Masyarakat di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 9 hingga 13 Juni 2021. Kegiatan Bina Desa ini merupakan salah satu program berkelanjutan yaitu dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah: “Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Mengabdi kepada Masyarakat Pabangbon”. Diharapkan, melalui kegiatan ini bisa menunjukkan bentuk tanggung jawab sosial dan upaya penerapan tridharma yang wajib diemban oleh mahasiswa.

Dalam situasi pandemi, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan prosedur kesehatan (prokes) yang ketan. Program ini dimulai dengan berkumpul di kampus Universitas Nasional, dan dilakukan pelepasan oleh dosen pendamping, untuk kemudian dilakukan perjalanan menuju Desa Pabangbon.

Di lokasi pengabdian, para mahasiswa memulai dengan kegiatan pembukaan yang dilakukan di kantor Desa Pabangbon. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Desa serta dosen pendamping, serta salah satu pemateri yang akan mengisi pada kegiatan tersebut. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi.

Diantaranya adalah sosialisasi kepada siswa SD dan PAUD. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan perbaikan sarana fisik, seperti tempat wudhu dan tempat penampungan air. Kegiatan lain adalah sosialisasi peduli lingkungan dan juga sosialisasi tekhnologi pemasaran. Terakhir, kegiatan yang dilakukan sosialisasi pembudidayaan ikan. Kegiatan ditutup di hari terakhir oleh Kepala Desa.(*)