Anggra, Mahasiswi Unas Peraih “Predikat” Pemenang Utama II Konten Sosial Media dari BPK RI

Anggra Liany Rihadatul Aisyi 2
Anggra Liany Rihadatul Aisyi
Fun BPK 2020
Fun BPK 2020

Badan Pemeriksa Keuangan RI, melalui akun IG @bpkriofficial menetapkan “predikat” Pemenang II konten sosial media kepada Anggra Liany Rihadatul Aisyi, mahasiswi Jurusan Administrasi Publik, FISIP Universitas Nasional.

Penetapan ini terkait dengan kompetisi “Fun BPK 2020.” Anggra, berhasil meraih “predikat” Pemenang Utama II untuk kategori konten media sosial.

“FUN BPK 2020” merupakan lomba yang digelar oleh BPK RI. Dalam situasi pandemi Covid-19, lomba ini dilaksanakan secara daring. Pengumuman pemenang juga secara daring melalui laman IG @bpkriofficial pada hari Jumat (09/10/2020).

Anggra adalah mahasiswa jurusan Administrasi Publik angkatan 2019. Dia dinilai mampu menjawab penggunaan sosial media dengan kreatif dan positif, sekaligus mengharumkan almamater Unas.

Mahasiswi rantau asal kalimantan ini menyampaikan perasaan senangnya ketika terpilih sebagai Pemenang Utama II. Padahal, keikutsertaannya dalam kompetisi ini bermula dari rasa bosan dan haus prestasi.

Karena itu, dia mencari informasi perlombaan ke Biro Kemahasiswaan kampus Unas. Oleh Biro Kemahasiswaan Unas, dia di-share pengumuman lomba. “Ternyata ada lomba yang bisa jarak jauh, ga ribet juga. Yah aku ikut aja. Soalnya aku lagi di Kalimantan semenjak corona ini,” kata Anggra.

FUN BPK 2020 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi atas nilai akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara, serta membangun komunikasi secara efektif dengan para pemangku kepentingan BPK.

Lomba yang digelar ini, diikuti dari tingkat pelajar, mahasiswa, peserta umum maupun pegawai internal BPK. Syarat lomba, setiap peserta wajib follow dan mention akun IG @bpkriofficial disertai tagar #BPKMenurutKamu #AkuntabilitasUntukSemua #BPKFUN2020.

Anggra sendiri membutuhkan waktu tiga hari untuk proses pembuatan konten itu. Dengan semangat, mahasiswi FISIP Unas ini terus berkarya di tengah situasi pandemi.

Hasilnya, Anggra terpilih masuk ke dalam daftar 10 Pemenang Utama. Karena hanya akan dipilih tiga Pemenang Utama, maka Anggra harus berkompetisi lagi. Dia berharap tetap bertahan dan masuk. “Eh, ternyata masuk juga ke tiga Pemenang Utama II,” kata Anggra.

Selain kategori konten media sosial, FUN BPK 2020 juga menggelar adu kretifitas di tiga kategori lainnya, yaitu: Cerdas Cermat Online, Karya Video BPK-RI, dan Bibliobattle atau lomba menceritakan kembali buku fiksi/nonfiksi yang memiliki nilai integritas dan kejujuran.

Khusus untuk lomba konten media sosial, menjadi kategori pilihan di perlombaan ini. Lomba konten kreatif ini persyaratannya harus dalam bentuk stories video terkait aktivitas pelajar serta mahasiswa. Tema yang diberikan adalah: “BPK Menurut Kamu”.

Prestasi Anggra ini sangat membanggakan. Apalagi, Anggra juga dikenal sebagai mahasiswi yang memiliki pengalaman dengan latar belakang pendidikan dan organisasi yang konsisten. Dia juga memiliki banyak prestasi dari hobi yang dimilikinya, seperti Debat Bahasa Indonesia pada tahun 2017-2018 dan Winners of SDG’s Debate 2019 Social Media Competition.

Media sosial dijadikan tempat yang positif baginya dalam mengembangkan prestasinya, serta selalu berusaha berkarya dengan menghasilkan Podcast motivasi diri di Spotify.(AIS)